Kawasaki KLX Dilego 20 jutaan?
Kawasaki KLX 150 Dilego Rp 20 jutaan?
Kawasaki KLX 150 dipastikan nongol di ajang Jakarta Motorcycle Show 2008 (JMS), 6-14 Desember mendatang. Spesifikasinya nggak beda jauh dengan KLX 140 yang diluncurkan di Amerika, akhir 2007 silam. Di Paman Sam KLX 150 masuk kategori dirtbike (off-road). Jadi nggak pakai lampu depan-belakang, sein, maupun kaca spion. Kawasaki menyebut motor ini untuk konsumen pemula (beginner and novice friendly).
Sementara model yang bakal dipasarkan di Indonesia sudah dilengkapi perkakas standar jalan raya (street legal), seperti lampu depan-belakang, kaca spion, dan lampu sein. Bagaimana dengan mesinnya?
“Mesin bore-up dari 140cc,” kata sumber resmi Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Tak sulit karena kapasitas aslinya 144.00 ccm (8.79 cubic inches). Naikin dikit, jadilah 150cc.
Lalu berapa harganya? “Rencana dijual di atas Rp 20 jutaan,” kata si sumber. Di Amerika, KLX 140 model terbaru (2009) dipasarkan $2,799. Sedangkan varian Monster Energy dilego $2,999.
Kalo dihitung dengan kurs rupiah sekarang ini yang sedang letoy, harganya bisa menjadi Rp 30 jutaan. “Makanya harga final masih digodok,” kata sumber resmi kedua dari KMI. Waaaah….
Model KLX 140 sendiri mempunyai beragam varian, yaitu : KLX 140, KLX 140 Monster Energy, KLX 140L (diameter roda lebih besar), dan KLX 140L Monster Energy.
Sekitar dua bulan lalu, saya sempat memergoki empat unit KLX 150 ini di jalan TB Simatupang, dekat perempatan Ragunan. Mereka terjebak lampu merah, dan berusaha tak mencolok publik.
Tapi gimana tak menarik perhatian, lha wong warnanya ijo cerah begitu, lagi pula ngetesnya di siang hari yang padat lalu lintas.
Salah satu ridernya berjaket hitam hijau khas Kawasaki, tetapi tulisan Kawasaki di punggung ditutup pakai lakban. Merek yang nempel di motor pun ditutup plester. Toh, orang yang tahu, tetap bisa nebak merek motornya.
Saya tak sempat memotret, karena lampu merah keburu ijo, sementara saya masih sibuk ngubek-ubek kamera digital yang terselip di tas. Ini dia spesifikasi teknis KLX 140 versi Kawasaki Amerika yang saya ambil dari sini.
Engine 4-stroke, SOHC, 2-valve single
Displacement 144 cc
Bore x Stroke 58 x 54.4 mm
Compression Ratio 9.5:1
Carburetion Keihin PB20
Clutch Wet multi-disc manual clutch
Cooling Air
Ignition CDI
Weight 205 lbs (88 kilogram)
Ground Clearance 9.3 in.
Frame High-tensile steel, box-section perimeter
Wheelbase 49.6 in.
Fuel Capacity 1.5 gal.
Seat Height 30.7 in.
Transmission 5-speed
Suspension
Front: 33 mm telescopic
Rear: UNI-TRAK® linkage system and single shock with 5-way preload adjustability
Brakes Front: Single 220 mm petal disc with a 2-piston caliper
Brakes Rear: Single 186 mm petal disc with 1-piston caliper
Tires Front: 70/100-17 – Rear: 90/100-14
Colors Lime Green
Leave a comment